03 Juli 2009

resensi

Hadis Digital
Oleh Ayis Mukholik

Judul: melacak hadis nabi SAW
Penulis: A. Hasan Asy'ari Ulama'I, M.Ag.
Penerbit: RaSAIL
Tebal: 136 hlm
Cetakan: I, oktober 2006
Resensator : Ayis Mukholik
Seiring berjalan zaman modern, khazanah keislaman berupaya mempertahankan eksistensinya dalam bidang keilmuan hadis. Munculah hadis digital yang dirancang unutk memudahkan peneliti dalam menelusuri hadis nabi. Demikian juga agar umat islam tidak tertinggal dalam hal iptek.
Di zaman serba canggih ini tidak ada alasan untuk merasa kesulitan dalam mencari berbagai bentuk referensi keilmuan, khususnya dalam penelusuran hadis nabi. Sebuah karya besar para ulama terdahulu bisa tetap kita pelajari dengan sarana yang lebih mudah. Tanpa harus menghabiskan banyak waktu di perpustakaan untuk mencari hadis nabi di beberapa buku tebal, kecanggihan teknologi telah memudahkan kita untuk menemukannya dengan cepat dan praktis.
Para scientis berupaya membuat inovasi-inovasi baru untuk memudahkan upaya penelusuran hadis secara lebih efektif dan efisien. Seiring dengan keinginan itu pula, ulama mutakhir terdesak untuk melakukan inovasi pembukuan hadist hingga penelitian hadis dengan menggunakan perangkat CD Hadist yang dapat diakses dengan cepat lewat computer.
Studi tentang pembukuan hadis sebenarnya telah dipelajari oleh para ulama sejak dulu bahkan kritik terhadapnya telah dilakukan sejak masa khalifah al Rasyidin. Hal ini dibuktikan dengan sebuah karya spektaku;er dan monumental yang telah dilakukan oleh Imam Al Bukhori, Muslim dan lainnya ynag berusaha menghimpun hadist-hadist nabi SAW dalam kitabnya yang bersatatus shahih. Hadis-hadis yang dihimpun oleh ulama terdahulu merupakan khazanah keislaman yang perlu dihargai karena telah mampu muncul sebagai rujukan bagi umat islam sebagai gambar aktualisasi Nabi SAW.
Dalam buku ini Hasan Asy'ari Ulama'i menjabarjkan dengan baik dan sistematis tentang cara melacak hadist secara manual dan secara digital. Mungkin di dalam beberapa buku referensi yang dijumpai di perpustakan berupa penelusuran hadist nabi secara manual sehingga tidak asing lagi di kalangan mahasiswa khususnya perguruan tinggi Islam. Akan tetapi hal yang sangat menarik untuk dijadikan perhatian lebih adalah penulis berupaya menjelaskan juga secara rinci tentang penulusuran hadist secara digital. Karena sebagian dari kita masih awam dengan hal tersebut. Cara ini dapat diakses melalui CD.
Buku ini sebenarnya ditulis untuk ditujukan sebagai panduan dan bimbingan bagi kalangan mahasiswa dan dosen, akan tetapi bagi kalangan lain, juga sangat bermanfaat mengingat kandungan dalam buku ini berupa penulusuran hadist nabi secara manual dan digital sehingga dapat memudahkan dalam menemukan hadis tanpa mengabaikan kualitas kandungannya dari sumber yang asli.
Keunggulan penulusuran hadis digital yaitu dapat dilakukan dengan berbagai cara seperti penelusuran hadis yang berangkat dari: lafadz yang dikenal, bab, rawi paling atas, nomor hadis dan tema-tema yang disediakan oleh CD hadis.
Penulis juga memaparkan cara-cara praktis dalam mengoperasionalkan dan menginstall CD Hadis disertai gambar tampilan yang memudahkan dalam melekukan latihan penelusuran hadis. Anda dapat membuka kitab maraji' (9 kitab hadis) dalam CD ini, diantaranya Shahih al- Bukhori, Shahih Muslim, Jami' al- Turmudzi, Sunan Abi Dawud, Sunan al- Nasa'i, Sunan Ibnu Majah, Sunan al- Darimi, Muwatha Imam Malik, Musnad al- Imam Ahmad bin Hanbal.
Banyak sekali kemudahan-kemudahan yang telah disajikan buku ini dalam belajar melacak hadis baik secara manual ataupun digital. Selain hadis sebagai sumber hukum islam kedua yang perlu dipelajari untuk sandaran hidup kita agar sesuai ajaran Rasul SAW, penulusuran hadis nabi digital juga dapat membantu kita dalam mata kuliah kita seperti ketika mendapat tugas mebuat makalah. Selamat membaca.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar