03 Juli 2009

kampusiana

HMJ Punya Gawe

Himpunan Mahasiswa Jurusan Tafsir Hadist (HMJ TH) Fakultas Ushuluddin IAIN Walisongo Semarang punya gawe besar. Pada tanggal 3 juni 2009, mereka kedatangan tamu rombongan mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati, bandung yang terbentuk dalam HIMA TH (Himpunan Mahasiswa Tafsir Hadist). Kunjungannya ke IAIN Walisongo semarang merupakan slah satu program kerjannya dalm bentuk studi komparatif. Selain bertujuan untuk menjalin intervensi kedua belah pihak, juga bertukar pikiran mengenai studi kurikiulum ketafsir hadistan dan progran kerja Himpunan Mahasiswa .
Di sisi lain, tuan rumah telah mempersiapkan matang-matang untuk menyambut acara langka ini. Dimulai dari pembuatan buletin perdana, persiapan hiburan yang akan diisi oleh band Just for fun (grup band FUPK) dan persiapan-persiapan lainnya. Dengan mengusung tema “By means of brotherhood spirit, we enhance tafsir hadist department” diharapkan akan terbentuk jalinan kekeluargaan yang lebih ereat karena berdiri pada satu payung yatiu tafsir hadis.
Acara ini dibuka oleh Dekan fakultas Ushuluddin, DR. Abdul Muhaya dengan menyampaikan perkenalan fakultas dan prestasi-prestasi yang pernah diraih beberapa tahun terakhir. Seakan ingin menunjukkan nyali dan kreadibilitasnya yang tidak kalah saing dengan fakultas-fakultas lainnya di IAIN Walisongo. Sebut saja prestasi fantastis, juara 1 lomba tafsir se jawa tengah yang baru saja diraihnya. Semua audien tercengang ketika pak dekan menyampaikan prakatanya dengan bahasa inggris. Acara dilanjutkan dengan sambutan dari tamu yang disampaikan oleh Kajur TH UIN Sunan Gunung Djati, H. Enqos Qosasih, Lc, M Ag yang tak kalah saing membeberkan keunggulan- keunggulan universitassnya. Dengan dibumbui canda tawa suasana semakin terasa sreg tapi juga sarat dengan wawasan intelektual. Apalagi ia menyampaikannya dengan bahasa arab secara fasih. Ia mengakhiri dengan pujian terhadap tuan rumah.”baru kali ini saya mendengar seorang dekan menyampaikan sambutannya dengan bahasa inggris yang lancar dan baik. Sedangkan ketika kami berkunjung ke UIN Syarif Hidayatullah justru tak dijumpai hal semacam ini” tuturnya.
Acara dilanjutkan dengan studi kurikulum yang dihandel oleh kajur masing-masing niversitas. Dalam kesempatan ini, Hasan Asyari Ulamai. M Ag selaku kajur menyampaikan kurikulum yang diterapkan di fakultas Ushuludin IAIN WS. Tidak lupa ciri khas beliau berua tawa turut mewarnai suasana. Satu program yang belum dimiliki UIN Sunan Gunung Djati adalah “program Khusus”. Meski dibawah payung TH, kurikulum yang dipakainya mencakup seluruh jurusan. Demikian juga dengan kajur Uin yang menyampaikan sekilas mengenai kurikulum yang diterapkan.
Selebihnya acara diisi oleh mahasiswa seperti diskusi ilmiyah, pertunjukan puisi dan musik dll.dan acara diakhiri dengan pembacaan doa oleh mahasiswa Uin Gunung Djati, syarif Hidayatullahdoa dan bernyanyi bersama-sama yang dipimpin oleh sekjur, Zainul Adzfar. Lagu Kemesraan karya musisi terkenal Iwan Fals menjadi lantunan terindah menutup serangkaian acara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar