04 Januari 2009

Syahrullah

Syahrullah

Rasulullah bersabda: “puasa yang paling utama setelah ramadhan adalah puasa di bulan Allah (yaitu) Muharram. Sedangkan shalat yang paling utama setelah shalat fardhu adalah shalat malam.”(H.R Muslim)

Bulan Muharram merupakan suatu bulan yang disebut sebagai syahrullah atau bulan Allah sebagaimana telah disampaikan Rasulullah SAW dalam sebuah hadist. Hal ini bermakna bulan ini memiliki keutamaan yang agung dan khusus karena disandarkan dengan lafadz Jalalah (lafadz Allah).
Para ulama menyatakan bahwa penyandaran sesuatu pada lafadz Jalalah(lafadz Allah) tentulah menunjukkan atas (tasyrif) kemuliaan dan (fadhilah) keutamaan yang dikandungnya. Sebagaimana istilah baitullah, rasulullah, saifullah dan sebagainya.
Nama Ka’bah atau Masjidil Haram dan Masjid yang lain menjadi mulia dengan disebutkan sebagai Baitullah, yang berarti rumah Allah. Begitu juga dengan penamaan Rasulullah, ia menjadi lebih mulia dibanding dengan nabi.
Selain itu bulan Muharram diberi nama oleh Rasulullah SAW dengan sebutan syahrullah karena termasuk empat bulan yang dinamakan ‘Al Asyhurul Hurum’ (bulan-bulan terhormat), yaitu bulan Dzul Qa’dah, Dzul Hijjah, Muharram dan Rajab. Imam Ali bin Abi Thalhah dan Ibn Rajab berpendapat bahwa empat bulan ini dinamakan ‘Al Asyhurul Hurum’ karena amal sholeh dan ketaatan yang dilakukan di dalamnya lebih besar dan pahalanya lebih banyak dibanding dengan bulan-bulan yang lain, begitu pula sebaliknya dengan kemaksiatan atau perbuatan dosa, jika seseorang melakukan maksiat pada bulan ini maka dosa yang akan diterimanya menjadi besar. Maka masa-masa di bulan ini adalah masa yang paling Allah cintai dan hendaklah seorang muslim tidak menyia-nyiakan guna memperbanyak ibadah.
Letak kemuliaan dan keutamaan bulan Muharram adalah 10 hari yang pertama, atau bolehlah kita katakan bahwa asrar (rahasia kemuliaan) bulan Muharram terletak pada sepuluh hari yang pertama. Sedangkan bulan Ramadhan asrarnya terletak pada 10 hari terakhir dan Dzul Hijjah asrarnya terletak pada 10 bulan pertama.
Lebih istimewa lagi dalam bulan muharram yaitu pada tanggal 10 muharram terdapat berbagai peristiwa seperti hai dicipta nabi Adam As, hari dicipta langit, bumi, bulan dan bintang, hari lahir nabi ibrahim dan lepasnya dari unggun api raja namrud, hari selamatnya nabi Musa dan tenggelamnya fir`aun, hari lahir nabi Isa dan diangkatnya ke langit, nabi Idris diangkat ke tempat yang mulia, nabi Nuh selamat dari banjir besar dan taufan dan lain-lain.semua peristiwa ini atas dasar yang sama dengan perjuangan Rasulullah SAW dalam menegakkan akidah sebenarnya. Semoga perististiwa bersejarah tersebut bisa menjadi pengajaran bagi kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar